Karena Nama ku, Pemberian Mereka :D

Nama saya yang terdiri dari dua suku kata ini seringkali dipelesetkan dengan nama orang lain, nama artis lah bahkan nama makanan. Nama-nama itu, seringkali mereka gunakan untuk memanggil saya.

Selain dipelesetkan, sering kali orang-orang melakukan kesalahan dalam penempatan huruf H pada  nama saya yang terkesan tidak biasa. Tidak biasa memang, karena nama itu spesial diberikan oleh dua ustadz kepada orang tua saya. Pada akhirnya, nama saya adalah gabungan nama yang diberikan oleh ustadz-ustadz tersebut.

Nama depan saya diambil dalam bahasa Arab Shafiyyah yang bermakna kawan tulus ikhlas. Ketika zaman Rasulullah Saw., nama ini diberikan kepada salah satu istrinya (istri ke-6) sebagai tanda ketulusan dia dalam memeluk agama Islam dan menerima pinangan Rasulullah. Nama depan saya sendiri, terinspirasikan dari sosok istri Nabi tersebut. Istri nabi yang ke-6 ini merupakan seorang pecinta sejati yang lemah lembut, mulia, penyabar, cerdas, berparas cantik, memiliki kehormatan dan kedudukan terpandang, serta taat beragama.

Sedangkan, nama belakang saya berarti seseorang yang mulia. Sebagai anak pertama, kedua orang tua saya menghendaki anaknya untuk berjiwa mulia. Ibu saya, sempat mengalami keresahan tentang bulan kelahiran. Saya terlahir bulan Muharram akhir mendekati Safar. Menurut kebanyakan orang, anak yang lahir dibulan Safar, akan bertabiat kurang baik, bandel, dan keras kepala. Oleh karena itu, Ibu menambahkan arti mulya dalam nama anaknya.

Begitulah, sedikit cerita tentang nama saya. Yang jelas, saya bangga bisa menyandang nama ini. Smoga apa yang mereka, para pemberi nama harapkan tentang nama ku, bisa terreaslisasikan. Amin,,

So, what’s about your name?

Berbangga hatilah dengan nama mu, karena itu pemberian mereka yang berharapan besar atas keberadaanmu.

 

Salam Anak Bangsa

3 thoughts on “Karena Nama ku, Pemberian Mereka :D

  1. Isti says:

    nice posting..
    setiap orang memiliki nama yang memang sudah dihadiahkan dari orantua kita. Setiap nama memiliki makna dan cerita, bahkan banyak doa yang terpatri di dalamnya. Kadang memang ada beberapa nama yang dianggap norak, kampungan, pasaran etc.. tetapi janganlah kita melihat pada persepsi tersebut, tapi marilah kita tengok betapa indahnya cerita dan doa di balik setiap nama…

    • vyaopi says:

      Iya, bahkan kita sering kali menghina atau bahkan meremehkan nama orang lain, tanpa mengetahui makna yang terkandung di dalamnya. Smoga ini bisa jadi bahan refleksi kita untuk lebih menghargai “nama” yang telah diberikan oleh orang2 yg bener mengharapkan kita agar lebih baik.

      Satu nama sejuta makna dan harapan🙂

Leave a Reply

